Sunday, May 8, 2011

Al-Quran sebagai Operating Sistem

JADIKAN AL-QUR’AN SEBAGAI OPERATING SISTEM
“ Belajar Menikmati Al-Qur’an”
quran1Tahukah kita sejak umur berapa Nabi Nabi Muhammad SAW belajar Al-Qur’an dan berapa lama beliau belajar Al-Qur’an ? ya ... umur 40 th Nabi Nabi Muhammad SAW baru mulai belajar Al-Qur’an, kerana Wahyu Al-Qur’an turun ketika Nabi Muhammad SAW berumur 40 th dan belajar Al-Qur’an selama 23 th kerana wahyu Al-Qur’an turun secara beransur-ansur selama 23 th, ertinya apa ? berapapun umur kita saat ini tidak ada tempuh akhir untuk belajar dan menikmati Al-Qur’an.
Tahukah kita berapa lama sahabat Umar bin Khathab R.A belajar Al-Qur’an dan baru dapat menikmati Al-Qur’an ? ya ... Beliau baru dapat menikmati Al-Qur’an setelah belajar selama 20 tahun, apa maksudnya ? tidak ada yang mudah untuk dapat menikmati segala sesuatu, semuanya perlukan PROSES. Namun kita tidak usah berkecil hati dulu kerana zaman kita didukung dengan kecanggihan teknologi sehingga proses itu dapat kita percepat dan lebih mudah namun tetap bertahap sedikit demi sedikit.
“ Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur’an kerana hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya “. (A-Qiyamah:16-19 )
Sahabat, sebuah PC atau Notebook baru akan dapat bekerja dan berfungsi sebagaimana yang kita inginkan ketika telah terinstall didalamnya SISTEM OPERASI ( Operating Sistem = Windows atau yang lainnya ), demikian halnya tubuh kita ini adalah sebuah hardware yang akan mampu bekerja dengan benar dan maksima sebagaimana kemahuanNYA Allah Sang Pencipta ketika kita berhasil mengistall SISTEM OPERASI yang diberikan Allah kepada kita yaitu Al-Qur’an. Lalu bagaimana cara menginstall Al-Qur’an dalam diri kita agar menjadi Sistem Operasi yang tangguh ?
Pertama, Jadikan Al-Qur’an Sebagai Kurikulum Wajib Seumur Hidup Kita.
Kita semua pernah bersekolah atau ke universiti, lalu kita punya cita-cita untuk menjadi ahli di bidang tertentu yang kita inginkan, berapa banyak buku dan bahan yang kita beli dan kita baca hampir setiap hari dengan penuh kesungguhan juga berbagai macam latihan kita ikuti, semua itu menggunakan pelaburan yang tidak sedikit, sedemikian gigihnya kita perjuangkan secara maksima dan akhirnya berjaya mendapatkan kemahiran dan latihan serta prestasi yang kita harapkan. Walau Ilmu dan Kemahiran yang kita dapatkan tersebut belum tentu mampu mengawal dan membahagiakan kita di Dunia maupun di Akhirat kelak.

No comments:

Post a Comment